Sejarah Desa Sukodono

Desa Sukodono adalah Desa Kolonisasi yang datang dari beberapa Daerah di Pulau Jawa, dan terdiri dari beberapa Daerah. Desa Sukodono pada mulanya adalah berasal dari hutan kawasan Negeri dan mayoritas terdiri dari rawa, sebelum terbentuk Desa Sukodono awalnya terdiri dari enam dukuh dan setiap dukuh dipimpin oleh lurah persil

Pada tahun 1937 mulailah dibentuk pemerintahan Desa Sukodono, Sukodono sendiri adalah gabungan dari dua suku kata “Suko” yang berarti Senang dan “Dono” yang berarti berbagi, jadi arti dari Sukodono adalah Dermawan.

Pada saat itu Pemerintahan Desa dipimpin Kepala Desa yang dijabat oleh H. SULAIMAN yang administrasinya mengikuti Desa Sukodono, Pada pemilihan Kepala Desa Selanjutnya terpilih H. ALI SUBCHAN sebagai Kepala Desa Kedua Desa Sukodono, dan Pada pemilihan Kepala Desa Selanjutnya terpilih H. ALI MASKAN sebagai Kepala Desa Sukodono Ketiga, setelah Kepala Desa ketiga purna dikarenakan telah habis masa jabatannya, kemudian dilakukan pemilihan Kepala Desa pada tahun 2001 dan terpilih Sdr. SAEROZI sebagai Kepala Desa Ke Empat Desa Sukodono, pada tahun …. terjadilah era reformasi Desa Sukodono dan Kepala Desa Sukodono Ke Empat diberhentikan dengan tidak terhormat, dan kemudian pada tahun ….. dilaksanakan pemilihan Kepala Desa Sukodono dan terpilihlah Sdr. SUDARYONO sebagai Kepala Desa Ke Lima Desa Sukodono sampai tahun 2014, setelah purna dikarenakan telah habis masa jabatannya kemudian Pemerintahan Desa Sukodono dipimpin oleh Pj. Kepala Desa yang dijabat oleh Sdr. S. SAIFUL HADI sampai akhir tahun 2015, dan selanjutnya Pj. Kepala Desa dijabat oleh Sdr. ABU KHOIR sampai akhir tahun 2016, pada tanggal 09 Oktober 2016 dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa Sukodono dan terpilihlah Sdr. LUTHFIL HAKIM sebagai Kepala Desa Ke Enam Desa Sukodono.